MANAJEMEN KEGIATAN DAPODIK PROVINSI JAWA BARAT

· Beranda ·


Workshop Aplikasi DAPODIK Terbaru Versi 2020.b, Patch 1


Menindaklanjuti rilisnya aplikasi Dapodikdasmen terbaru oleh Ditjen Paud Dikdasmen Kemdikbud RI bulan Februari yang lalu, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui Subbag Perencanaan dan Pelaporan menyelenggarakan Workshop Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2020.b Patch 1, Senin s.d Rabu 9 s.d 11 Maret 2020 di Hotel Fave Paskal Hyper Square, Kota Bandung.

Giat yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya, ini diikuti sebanyak 54 peserta dari unsur Fasilitator Dapodik Provinsi Jawa Barat dan perwakilan Operator SMA/SMK dari 27 Kabupaten/Kota, dipandu oleh para narasumber dari perwakilan Ditjen Paud Dikdasmen dan Tim Pengembang Manajemen Data Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Dalam arahannya, Sekretaris Dinas menitipkan 3 poin penting kepada seluruh peserta workshop, yaitu:

  • Pemahaman operator dapodik terhadap berbagai pemutakhiran entitas pada aplikasi dapodik terbaru dapat terkuasai, sehingga dapat meningkatkan kualitas Data yang komprehensif;
  • Dengan dibentuknya Tim Fasilitator Dapodik Provinsi Jawa Barat, menjadi sebuah jembatan koordinasi yang lebih tersistem mengenai pelayanan pengelolaan dapodik antara Satuan Pendidikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sehingga berbagai kendala tata kelola Dapodik dapat teratasi secara sinergi;
  • Operator di satuan pendidikan untuk terus menjalin koordinasi secara intens dengan Kepala Sekolah, mengingat hak akses untuk melakukan sinkronisasi data adalah kepala sekolah; dan
  • Seluruh stakeholder pengelola data pendidikan di Jawa Barat untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan semangat integritasnya.

“Sesuai amanat Permendikbud No. 79 Tahun 2015, bahwa Dapodik merupakan rujukan utama data pendidikan dalam mendukung kebijakan pemerintah di Bidang Pendidikan. Dengan demikian menjadi tanggung jawab kita bersama dalam meningkatkan tata kelola data untuk menghasilkan data yang berkualitas.” Ujarnya.

Selain Sekretaris Dinas, turut mendampingi pula Kepala Subbag Perencanaan dan Pelaporan, Edy Purwanto, dan Ketua Kelompok Kerja Data Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dilli Nalaryadi.

Seperti kita ketahui bersama, telah menjadi agenda rutin bahwa setiap pergantian tahun ajaran di sekolah, juga akan diikuti dengan pergantian versi Aplikasi Dapodikdasmen termutakhir. Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen yang dilakukan secara terus-menerus merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk mengakomodasikan regulasi yang berlaku.

Di satu sisi, guna mendorong terkumpulnya data dengan kualitas baik, maka Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Dapodik dalam hal ini Operator pada satuan pendidikan menjadi lokomotif utama yang bertanggung jawab dalam operasional pengelolaan data yang dituntut untuk menggunakan sistem yang tepat dan sesuai dengan aplikasi termutakhir, karena sejalan dengan tuntutan pengelolaan data pendidikan yang semakin kompleks dan berubah setiap waktu, maka sistem aplikasi pun dituntut untuk lebih mutakhir sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan dan berbagai pembaharuan dari aplikasi yang dipergunakan sebelumnya.

Daftar Peserta, Penilaian Kegiatan

Workshop Aplikasi DAPODIK Terbaru Versi 2020.b, Patch 1

Berdasarkan DPA Nomor : 5.2.2.03.27 Tahun 2020, Pada Kegiatan Manajemen Data Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020. Perihal Pelaksanaan Workshop Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2020.b. Patch 1.

Pelaksanaan:

Waktu : Senin s.d Rabu, 9 - 11 Maret 2020
Cek in : Senin, 9 Maret 2020, Pukul 12.00 WIB
Lokasi : Fave Hotel Hyper Square,
Kompleks Paskal Hyper Square JI. Pasir Kaliki No.25, Andir, Kota Bandung.

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Jumlah Pengunjung

-Terima kasih atas partisipasinya-

+ 189,444